Pengaruh Kompetensi Guru dan Reputasi Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Melalui Retensi Siswa SMK Negeri 10 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru dan reputasi sekolah terhadap kepuasan dan retensi siswa di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis Proposional Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatakn kuantitatif dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa SMK Negeri 10 Surabaya dengan sampel sebanyak 345 siswa. Data didapatkan melalui kuesioner online menggunakan Google Form. Data yang dikumpulkan menggunakan software SmartPLS 3. Uji hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa, dan kepuasan siswa berpengaruh signifikan terhadap retensi siswa. Selain itu, reputasi sekolah juga ditemukan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa. Implikasi manajerial dari penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan program pelatihan guru yang berkelanjutan serta penguatan kerjasama sekolah dengan universitas dan industri untuk meningkatkan reputasi sekolah dan kepuasan siswa. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada cakupan populasi yang hanya melibatkan satu sekolah sehingga generalisasi hasil penelitian ini perlu dilakukan dengan hati- hati. Manfaat dari penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang kompetensi guru dan reputasi sekolah yang dapat digunakan untuk studi lebih lanjut oleh akademisi atau praktisi di bidang pendidikan dan membantu para pendidik dan administrator sekolah untuk meningkatkan strategi pendidikan, khususnya di sekolah kejuruan
Downloads
References
Ahmad, S., Wasim, S., Irfan, S., Gogoi, S., Srivastava, A., & Farheen, Z. (2019). Qualitative v/s. Quantitative Research- A Summarized Review. Journal of Evidence Based Medicine and Healthcare, 6(43), 2828–2832. https://doi.org/10.18410/jebmh/2019/587
Ainna, N., Eko Pramono, S., & Artikel, I. (2016). Educational Management SISWA TERHADAP LOYALITAS SISWA DI SMK ISLAM SUDIRMAN 2
AMBARAWA. Education Manajemen, 5(2), 156–162.
Aji, H., & Rofiq, Z. (2017). Correlation of Teacher’s Pedagogi and Profesional Competence with Student’s Satisfaction in Ten Grade at SMK Nasional Berbah Mechanical Engineering Departement Period 2016/2017. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5(5), 345–352.
Amanda L, Yanuar F, & Devianto D. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas TingkatPartisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, VIII(1), 179–188.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Astuti, S. W. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia Iii Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5(2), 24–36. https://doi.org/10.24036/103718
Cardona, T. A., & Cudney, E. A. (2019). Predicting student retention using support vector machines. Procedia Manufacturing, 39(2019), 1827–1833. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.256
Dan, P. (n.d.). N CITRA INSTITUSI TERHADAP RETEN.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Erik, S., Suhairi, M., & Agus Lauh, W. D. (2023). Survei Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 1 Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau. Journal Sport Academy, 1(2), 10–23. https://doi.org/10.31571/jsa.v1i2.16
fitria sari hasanusi. (2019). Hubungan Antara Identitas Dengan Reputasi Sekolah SMA Negeri 10 Samarinda Kalimantan Timur Fitria Sari Hasanusi 1. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 05(1), 29–40.
Hakim, I., Wirawan, R., & ... (2022). Menilai dan Mengukur Tingkat Retensi melalui Kepuasan. Proceedings …, 5(1), 23–40. http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/431
%0Ahttp://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/do wnload/431/363
Hamidah, N. (2022). KEPUASAN SISWA TERHADAP FASILITAS PENDIDIKAN DI MTs NEGERI KABUPATEN KAUR. Manajer
Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.22951
Harnawati Hading, & Purnamawati. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Smk Negeri 3 Sidrap. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 487–495. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.1041
Hayati, N., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(2), 79–95. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n2.p79-95
Hikmah, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Alqur’an Hadis Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 4(2), 35–45. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/1084
Irawan, B., Wulandari, G. A., Anggraini, N. A., Subagio, N. A., & Indraningrat, K. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping, Fashion Involvement, Store Environment Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Store Three Second Di Lippo Plaza Mall Jember. VALUE: Journal of Business Studies, 1(1), 55. https://doi.org/10.19184/value.v1i1.31654
Khoirnnisa, N., & Bestari, D. K. P. (2022). Pengaruh Harga dan Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Berulang dengan Perilaku Pembelian Impulsif Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna GoFood di Kota Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3667–3675. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.848
KINERJA GURU PROFESIONAL DENGAN HASIL BELAJAR ELEKTROMEKANIK ( Studi Kasus Dilakukan di SMKN 5 Jakarta ) SITI MARDIAH Skripsi ini ditulis untuk memenuhi sebagian persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Pendidikan PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO. (2017).
Lestari, A., Alexander, J., & Putra, Z. H. (2023). Pendahuluan Citasi 2. 2(1), 8–13. Muslim, M. (2018). Kompetensi Guru, Budaya Organisasi, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Pada Sekolah Menengah Atas Islam Hasmi Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,
1(01), 44–69. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.215
Natalia, E. D. K., Setiawan, M., & Puspaningrum, A. (2017). Pengaruh citra institusi dan kualitas layanan terhadap retensi melalui kepuasan mahasiswa (studi pada universitas ma chung di kota malang). South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 14(3), 13–21.
Nur Arsyad, S. (2019). Strategi Pembelajaran. 115.
Purwanti, L. I. (2020). Pengaruh Reputasi, Biaya Pendidikan, Dan Lokasi Terhadap Prefensi Mahasiswa Angkatan 2019 Memilih IAIN Ponorogo.
Pusdatin Kemendikbud. (2021). Statistik SMK. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 200.
http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_C1B94B1A-1230-429F- 80A5-92D56EE17E59_.pdf
Putra, W. B. T. S. (2022). Problems, Common Beliefs and Procedures on the Use of Partial Least Squares Structural Equation Modeling in Business Research. South Asian Journal of Social Studies and Economics, 14(1), 1–20. https://doi.org/10.9734/sajsse/2022/v14i130367
Rasmita, D. (2019). Upaya Meningkatan Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Sd Negeri 017 Pasir Emas. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(3). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7189
Rina Hastari. (2022). Hubungan Kompetensi Guru dan Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 10(1), 81–98. https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.6897
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Sanjaya, N. (2020). Pengaruh Kualitas Guru Dan Akreditasi Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Pada Smk Buddhi Tangerang. https://acrobat.adobe.com/link/review?uri=urn:aaid:scds:US:6a71e831-b2ec- 3e06-997b-1f118adf99c2
Sari, D. K., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Reputasi Sekolah Terhadap Wom (Word of Mouth) Peran Mediasi Kepercayaan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 162–170. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.47960
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2020). Handbook of Market Research. In Handbook of Market Research (Issue July). https://doi.org/10.1007/978-3- 319-05542-8
Sudibjo, N., & Agustin, M. I. R. (2019). Peran Reputasi Sekolah, Nilai-Nilai Pelayanan, dan Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(2), 53–62.
Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 185. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316
Syalomytha, F., & Natalia, M. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Sales Growth Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Makanan dan Minuman di BEI. Journal of UKMC National Seminar on Accounting Proceeding, 2(1), 251.
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18–22. https://jurnal.maarifnumalang.id/ (diunduh 10 Februari 2022)
Wibowo, A. J. lbnu. (2009). Pengaruh kualitas layanan, reputasi,DAN NILAI LAYANAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA A. Bina Ekonomi, 13(2), 59–74.
Widayati, W., Kosasih, K., & Widyanti, T. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Dan Implikasinya Terhadap Reputasi Sekolah. 165–173. https://doi.org/10.32897/sobat3.2021.15
Yuniartika, M. D. (2022). pengaruh. Pengaruh, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Yusi, M., & Hariyati, N. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Produktif dan Kelayakan Sarana Prasarana Terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Teaching Factory pada Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(1), 1–13.